Sabtu, 23 Maret 2013

Menunggu

Kesalahan masa lalu cukup mampu menimbulkan hukuman tersendiri. Tidak perlu bagi kita untuk membantu. Hal itu wajar untuk merasa bersalah dan penyesalan atas hal-hal di masa lalu yang salah.

Setelah kita belajar dari kesalahan, namun rasa bersalah tidak ada gunanya. Jika kita ingin mengubur diri dalam rasa bersalah dan malu untuk sisa hidup kita, maka tidak akan membatalkan apa yang telah dilakukan.

Belajar dari masa lalu, kemudian lanjutkan kehidupan. Hindari membuat kesalahan yang sama lagi. Daripada memukuli diri dengan rasa bersalah, lebih baik gunakan energi itu untuk mengambil langkah positif.

Merasa bersalah atau mengasihani diri sendiri hanya akan membuat kita menyesal. Apakah ada yang kita gunakan dalam hal itu? Tariklah diri untuk selalu bergerak positif kearah perbaikan diri.

Ambil napas dari udara segar lalu rasakan hal terbaik yang masuk kedalam rongga hati kita. Masa lalu ada di belakang kita. Tinggalkan mereka. Lalu fokus pada apa yang dapat kita lakukan, bukan pada apa yang kita bisa miliki atau seharusnya dilakukan.

Kekuatan kita ada di masa sekarang, dan itu akan mempengaruhi masa depan. Ambil saja hikmah dari masa lalu dan kemudian melihat ke depan. Dimana ada semua peluang kita.

0 komentar:

Posting Komentar