Minggu, 17 Maret 2013

Habiskan waktu dengan baik

Bagaimana jika kita bisa memutuskan, pada awal setiap hari, bagaimana waktu kita akan dialokasikan hari itu? Berapa menit atau jam, akan kita alokasikan untuk menjadi benci, marah, iri hati, frustrasi, atau bahkan hal ‘gila’ lainnya?

Mungkin tidak ada. Tampaknya ‘bodoh’ untuk menutup setiap waktu berharga kita untuk kegiatan yang tidak berguna dan merusak hidup kita tersebut.

Namun, selama ini setiap hari kebanyakan orang membiarkan hal-hal datang menggerogoti waktu yang seharusnya dapat difokuskan ke arah yang lebih positif. Pikirkan tentang hal ini. Apakah itu masuk akal sama sekali atau tidak?

Faktanya adalah, kita dapat memutuskan setiap hari, bagaimana waktu kita akan dihabiskan. Kita dapat memutuskan untuk tidak membiarkan diri kita secara otomatis bereaksi negatif.

Kita dapat memutuskan untuk mencurahkan seluruh waktu kita yang ternilai menjadi positif, sekaligus memuaskan. Kita mengendalikan pikiran kita sendiri. Dan kita dapat mengontrol perilaku kita sendiri.

Sebelum kita secara otomatis bereaksi terhadap sesuatu, maka tanyakan pada diri sendiri, “Pagi ini ketika ingin merencanakan kegiatan, apakah saya telah putuskan untuk mencurahkan waktu saya untuk ini?”

Kita tidak dapat mengendalikan apa yang terjadi pada kita, tetapi kita pasti bisa mengendalikan apa yang kita lakukan tentang hal itu.

Buatlah setiap respon yang positif, produktif dan nikmati manfaat besar dari menghabiskan waktu dengan baik. Kita tidak pernah menduga hal itu terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar