Senin, 04 Maret 2013

Belajar dan Belajar

Langit mendung hujan pun gerimis. Sayup terdengar suara adzan Isya dari masjid sebelah rumah.

Memanggil setiap insan muslim untuk menunaikan kewajibannya segera. Malam semakin larut, membuat hati sejenak berbisik mengenang cerita yang berkesudahan.

Menyadari bahwa sejatinya hidup yang kita jalani ini adalah serangkaian proses belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Hal-hal yang kita alami, rasakan, fikirkan dan kita amati, setiap waktu semuanya akan lebih berarti apabila kita mau menghayatinya.

Sarat makna, bahkan mampu memberikan pengalaman hidup untuk terus belajar dan belajar sehingga menjadikan hidup kita lebih ‘hidup’.

Manakala segelintir peristiwa datang menemui kita, tapi hanya numpang lewat begitu saja, maka merugilah kita. Hanya bisa menjadikan masa lalu tersebut sebagai sesuatu yang tak bernilai apa-apa, dilupakan tanpa memberikan pengaruh positif pada diri kita.

Padahal kan gak ada salahnya juga jika kita berhenti sejenak untuk melihat ke dalam, siapa tahu ada hal-hal penting yang berharga yang sedang menanti kedatangan kita untuk meraihnya.

Belajar untuk sebuah pembelajaran. Selalu mencoba mencari value pembelajaran dari setiap kejadian yang kita alami maupun kejadian yang dialami oleh orang lain. Hendaknya kita juga senantiasa dapat memaknai hidup dari sudut pandang positif, berkhusnudzon serta mampu melihat nilai-nilai kebaikan yang ada.

Sama halnya dengan Rasulullah SAW yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk belajar, maka kita pun juga hendaknya dapat belajar dan belajar. Belajar, menunjukkan bahwa kita adalah insan yang memiliki banyak kelemahan diri. Sampai ajal menjelang pun proses ini masih berlanjut, dan ketika maut datang menjemput diri, inilah barangkali saatnya proses itu berakhir.

Semoga kita dapat menjadikan setiap hal yang kita alami menjadi sebuah pembelajaran yang berarti. Mengambil hikmah dari setiap kejadian sehingga menjadikan kita sebagai manusia yang senantiasa belajar dan bersyukur.


:: Artikel dikirim oleh Azzura Arsyiah (azzura4rsyiah@yahoo.com) | sekarang tinggal di Jakarta, berasal dari Medan | @azura_sely


Rumah Motivasi Online menerima tulisan, artikel membangun jiwa, motivasi. Kirim tulisan sahabat ke email saya; cepypram@yahoo.com atau infokan @CepPangeran



0 komentar:

Posting Komentar