Sabtu, 23 Maret 2013

Berkunjung ke Perpustakaan Umum Islam Iman Jama

Membaca adalah satu aktivitas penting bagi terciptanya generasi-generasi yang memiliki wawasan luas dalam segala hal.

Selain itu, juga merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh masyarakat untuk menjadi bangsa yang maju dan bertindak melaksanakan hal-hal yang baik dan bermanfaat.

Perlu adanya kesadaran masyarakat untuk membaca guna memperkaya diri di bidang ilmu pengetahuan, bidang usaha, bidang peternakan, bidang pertanian dan sebagainya guna mengejar ketertinggalan disegala aspek baik itu pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya.

Dan salah satu pusat ilmu pengetahuan yang sering dikunjungi masyarakat adalah perpustakaan. Karena perpustakaan memegang peranan yang sangat penting dalam mengelola sumber daya informasi sehingga dapat diakses dengan mudah, cepat dan akurat.

Hari ini, Sabtu 23 Maret 2013, saya bersama istri memang berniat untuk berkunjung ke Perpustakaan Umum Islam (PUI) Iman Jama yang berlokasi di Jl Raya Pasar Jumat No.45D-E Kebayoran Lama Jakarta Selatan.

Sebelumnya, saat masih menempati rumah di Jl Mawar II RT 002 RW 013 Bintaro, Jakarta Selatan, saya bersama istri sering datang ke perpustakaan ini hanya untuk sekedar refreshing untuk mencari ilmu, sekaligus mengajak anak-anak untuk cinta membaca.

Tiba di perpustakaan Iman Jama jam 11.05 WIB. Setelah melakukan registrasi dengan mengisi daftar di front office, saya bersama istri langsung naik ke lantai 2 dan 3.

Hari ini yang berkunjung ke perpustakaan masih kelihatan sepi dan hanya ada 8 orang saja, mungkin karena akhir pekan. Tujuan mereka sama dengan istri, yaitu untuk mencari beberapa buku atau bahan untuk tugas skripsi.

Dari hasil tanya-tanya kepada salah seorang staf perpustakaan Iman Jama bahwa animo dari masyarakat untuk datang membaca di perpustakaan dan dibeberapa tempat yang sudah disediakan seperti taman bacaan dan perpustakaan yang ada di perpustakaan masih cukup tinggi dan meningkat.

Tetapi kata petugas yang datang sekarang (hari ini) ke pespustakaan sejak pagi hanya beberapa orang saja, itupun cuma hari ini, namun biasanya di hari-hari lain ruang baca di perpustakaan ini banyak dan penuh, tuturnya.

Saya pun sempat bertanya kepada beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Islam Negeri (UIN) bahwa mereka mengatakan merasa puas terhadap mutu layanan perpustakaan ini

Mahasiswa dan mahasiswi yang baru saya kenal ini juga berharap perpustakaan Iman Jama Lebak Bulus ini kiranya dapat selalu meningkatkan kelengkapan bahan pustaka dan kemutakhiran bahan pustaka

Semoga fungsi dan peran perpustakaan Iman Jama ini dapat lebih dirasakan oleh pengunjung dan menjadi perpustakaan umum Islam yang memiliki koleksi terlengkap pada kajian AlQuran, fiqih hadist, akhlak dan lainnya.

Saat ini, istri sendiri sedang mengumpulkan bahan-bahan dari beberapa buku-buku, makalah, atau bacaan lainnya yang sedang dirumuskan untuk menjadi bahan skripsi tempatnya kuliah Program Studi Tafsir Hadits Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin (STIU) Darul Hikmah, Bekasi tentang Manajemen Marah. Semoga sukses bidadariku.










0 komentar:

Posting Komentar