Minggu, 20 Januari 2013

Creative Game for Kids

Satu cara paling efektif dalam mengembangkan kecerdasan otak dan emosi seorang anak adalah bermain”. Setiap orangtua pasti menginginkan anak-anaknya memiliki Intelligence Question (IQ) dan Emotional Question (EQ) yang baik.

Kecerdasan pikiran, menjadi hal yang penting harus dipelajari untuk memberi fondasi anak agar mampu berargumen, mengambil keputusan, serta mencari solusi terbaik atas permasalahan yang dihadapi. Sedangkan, kecerdasan emosi sangat dibutuhkan agar anak dapat membentuk karakter baik dalam dirinya.

Salah satu cara yang cukup efektif dalam mengembangkan kecerdasan otak dan emosi anak adalah dengan bermain. Mengapa permainan dapat melatih jiwa kepemimpinan seorang anak?

Hal itu dapat terjadi apabila unsur-unsur dalam permainan tersebut mengajarkan tentang keberanian, tanggung jawab, logika, cara mengatur strategi, memecahkan masalah, bekerjasama, melatih ketangkasan, konsentrasi, membangun kreativitas, melatih kepercayaan diri, dan nilai positif lainnya.

Mengenali kecerdasan otak dan mental menjadi bagian terpenting dalam pembentukan pendidikan karakter seorang anak. Cara meningkatkan hal itu dapat dilakukan sambil bermain. Banyak bentuk permainan yang ditawarkan untuk menggali kecerdasan tersebut antara lain permainan sarang laba-laba, ladang jebakan, kanal api, hingga adu suit.

Bermain, akan membutuhkan orang lain sebagai teman atau lawan. Bermain peran seperti ini sangat dibutuhkan seorang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Anak-anak mungkin akan bertengkar selama menjadi teman atau lawan. Kemudian dalam sekejap, mereka pasti akan akrab kembali sebagai teman. Inilah salah satu proses pembentukan emosi seorang anak.

Pembentukan emosi anak juga dapat dilakukan ketika ia dapat melakukan kerjasama dengan teman-temannya. Sebab, kerjasama merupakan cara ia melatih kemampuan beradaptasi sekaligus berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Dan semua hal ini dapat dipelajari melalui Buku karya Yudha Kurniawan, SP terbitan Wahyu Media berjudul, “Creative Game for Kids”.

Di dalam buku ini mengulas bentuk permainan yang dilakukan secara berkelompok dengan berkonsentrasi pada kemampuan berpikir, ketangkasan tubuh, kerjasama, pengembangan diri, serta komunikasi antar anggotanya. Peserta yang bermain disesuaikan dengan usia, tinggi, dan bobot tubuhnya.

Seluruh permainan ini dirancang menggunakan alat dan bahan sesuai jenis permainannya. Lokasi kegiatan ada yang di dalam ruangan, namun adapula di luar ruangan, sesuai ruang yang dibutuhkan dalam permainan.

Selain itu, buku “Creative Game for Kids” ini berisi 35 permainan seru untuk meningkatkan IQ dan EQ anak. Dapat digunakan sebagai panduan bermain yang mudah, bermanfaat, sekaligus menyenangkan bagi anak maupun siswa di sekolah.

Semoga, buku terbitan Wahyu Media ini dapat memberikan kontribusi nyata dan lebih bagi perkembangan anak dalam proses belajar. Sebab, dengan belajar sambil bermain, biasanya anak akan lebih cepat menyerap atau memahami materi pembelajaran.


Diringkas oleh: Cecep Y Pramana
Dari buku: “Creative Game for Kids
Karya: Yudha Kurniawan
Penerbit: Wahyu Media
Halaman: 182 halaman
Ukuran: 14 x 20 cm


0 komentar:

Posting Komentar