Kamis, 23 Mei 2013

Untungnya Akal

Ketika tiba-tiba kita dihadapkan dengan situasi yang menantang, maka kita cenderung fokus pada aspek negatif yang menindas situasi itu. Dan akibatnya kita dapat dengan cepat menjadi kewalahan.

Ada sebuah pendekatan yang lebih positif yaitu dengan mengidentifikasi aspek situasi yang kita bisa bersyukur. Hal ini mungkin terdengar sedikit tidak masuk akal.

Ketika kita dihadapkan dengan tantangan yang sulit, maka untuk mencari cara yaitu dengan bersyukur untuk itu. Namun itu adalah tempat yang sangat baik untuk memulai.

Ada sebuah kata untuk orang-orang yang mengambil pendekatan ini. Kita menyebutnya akal. Julukan yang datang bukan karena orang-orang memiliki akses ke sumber daya yang lebih dari orang lain.

Melainkan karena mereka dapat dengan jelas mengidentifikasi dan memanfaatkan sumber daya tersebut, khususnya di tengah-tengah kesulitan yang dialami.

Akal tumbuh dari sikap syukur. Daripada meratapi nasib, maka sinari rasa bersyukur pada situasi kita dan kita akan menerangi banyak nilai.

Tanyakan pada diri sendiri, “Apa yang bisa saya syukuri di sini?” Hal-hal yang kita temukan, mungkin akan membuat perbedaan antara menang dan kalah.

>> follow @CepPangeran


0 komentar:

Posting Komentar