Sabtu, 01 Desember 2012

Jangan Menyimpang Dari Jalan Yang Sudah Ditentukan

Sekali tujuan dan arah sudah ditetapkan, maka janganlah menyimpang dari jalan yang sudah ditentukan, kecuali jika benar-benar perlu. Konsistensi sering kali lebih baik daripada perubahan yang terus-menerus dilakukan dalam mencari rute sempurna.

Ada kebenaran dalam pepatah lama ini: “Karunia Tuhan turun jika manusia mempunyai tekad”. Ada kepuasan yang sangat khusus dalam menetapkan batas pandang kita pada suatu tujuan, lalu pusatkan semua daya kita sampai kita berhasil mencapainya.

Mengetahui cara mengubah sesuatu memang baik, tetapi orang-orang dan organisasi-organisasi juga membutuhkan stabilitas, dan ini harus datang dari pemimpinnya.

Para pemimpin organisasi harus memutuskan pada suatu ketika, jalan mana yang harus diambil untuk melaksanakan tugas, proyek, atau keseluruhan operasi yang ingin dijalankan.

Sekali arah sudah diputuskan dan ditetapkan, maka tugas kitalah mengemudikan kereta dengan mengikuti jalan itu dan memusatkan perhatian pada sumber-sumber kita untuk mempertahankannya.

Memang, jika kita menyadari bahwa kita menyimpang dari arah, kita perlu memperbaiki arah tersebut. Tapi jangan mengubah arah bersamaan dengan datangnya setiap kemungkinan atau kesempatan.

Karena godaannya mungkin sangat besar, tetapi kita tidak mempunyai waktu atau sumber-sumber untuk mengikuti setiap arah jalan.

0 komentar:

Posting Komentar