Kamis, 27 Desember 2012

Cari sisi positif dari pasangan kita

Janganlah kita mencari-cari kesalahan pasangan kita (suami istri). Pusatkan perhatian pada apa yang dilakukan pasangan kita secara benar, bukan pada yang salah. Memang sangat mudah dan gampang bagi kita (suami istri) untuk menemukan hal keliru yang pasangan kita lakukan, begitu pula sebaliknya.

Saya yakin, pastinya selalu bisa menemukan hal-hal yang benar dalam diri pasangan kita. Jika dua-duanya mudah, mengapa kita tidak mencari hal yang benar. Karena, itu akan membantu kita dalam membangun keharmonisan rumah tangga. Pasangan yang bahagia akan lebih memilih sisi positifnya dibandingkan dengan sisi negatifnya

Saling memaafkan, kepercayaan, berkomunikasi, dan lainnya. Itu juga merupakan bagian yang harus kita perhatikan. Rumah tangga tanpa kepercayaan, sama saja dengan meniti petaka. Jadi, buatlah kepercayaan dan memaafkan sebagai pegangan baku dalam hubungan rumah tangga kita.

Jika pasangan merasa bahagia dengan “bertengkar” atau berbeda pendapat dan tak bisa menyelesaikan, mereka akan mengutamakan rasa percaya dan memaafkan satu sama lain, buka rasa tidak saling percaya dan tanpa ampun.

Rasa aman pasangan adalah saat berbicara tentang ketenangan batin. Seorang suami dapat merasakannya ketika ia tahu bahwa istrinya mempercayai dia dan komitmennya terhadap pernikahan mereka. Begitu pula sebaliknya dengan sang istri, saat mengetahui bahwa suaminya mempercayai dia dan komitmennya terhadap pernikahan mereka.

Sedangkan rasa aman yang bisa jadi dirasakan sang istri, akan datang saat suami menolongnya lepas dari ketakutan lewat kata-kata menghibur yang menyenangkan dan penuh kasih sayang. Komitmen terhadap pasangan dapat dikomunikasikan melalu dukungan yang sejati dan pujian yang tulus. Wallahu’alam



0 komentar:

Posting Komentar