Kamis, 15 November 2012

Afika, Bintang Cilik yang Punya Jiwa Sosial dan Kepedulian

“Afikaa..!!”
“Iya..?”
“Ada yang baru nih..!”
“Apa..?”
“Pake ini dulu yah!!”
“Udah siap..!
“Udah..!!
“Nanti dingin loh… ini dia Oreo ice cream rasa Orange..!!”
“Hahhh… Jarruk… ?!”
“Diputer.. Dijilat.. Dicelupin.. Bbrrrr.. !!”, dst

Mungkin adik-adik sudah tidak asing lagi dengan bintang cilik dalam potongan percakapan di atas. Berawal dari membintangi produk iklan biskuit, dia sudah bisa mencuri perhatian di seluruh Indonesia. Gadis cilik kelahiran Jumat, 6 Januari 2006 ini lucu dan menggemaskan, mungkin itu yang ada di benak ketika kita melihat dirinya.

Kepopulerannya membintangi produk iklan makanan ini membuat banyak orang bahkan anak-anak dapat mengulang percakapan yang dilakukan oleh dua orang anak perempuan dalam iklan tersebut. Gadis mungil yang kini jadi perbincangan di masyarakat ini bernama Amanina Afiqah Ibrahim atau biasa dipanggil Afiqa (Afika). Namanya pun kini sering dipanggil-panggil. Yuk adik-adik, kita kenalan sama Afiqa.

Bersama ayahnya, Erwin Andri Ibrahim serta didampingi oleh sang paman, Idwan Rizal Ibrahim atau yang biasa dipanggil Afiqa dengan sebutan Pak Wa (dalam keluarga Aceh, sebutan untuk panggilan “Abang” dari ayahnya Afiqa) saya bersama Pak Widodo dan Pak Teguh dari Tim Newsletter Anak PKPU berkesempatan bertemu Afiqa di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, pada awal Mei 2012.

Afiqa yang juga suka dengan game Angry Birds ini lari-larian mengelilingi ruang studio Hanggar, Pancoran, saat tim newsletter anak PKPU ingin mengambil foto dirinya. “Ya begilah Afiqa, namanya juga anak-anak, enggak bisa diam, apalagi sedang bermain sama teman-temannya. Apalagi kalau sedang bermain terus ada yang ingin ngobrol atau sekedar ingin mengambil foto dirinya, pasti akan langsung diam. Tapi, Afiqa anak yang aktif dan mudah bergaul dengan siapa saja yang sudah dikenal,” ucap sang paman, Idwan Rizal Ibrahim, saat tim newsletter anak PKPU mengambil foto dirinya sebelum mulai syuting program Hitam Putih.

Afiqa adalah anak sulung dari dua bersaudara, putri pasangan Dina Walintukan dan Erwin Andri Ibrahim. Ia mempunyai seorang adik laki-laki bernama Danish Xavier Ibrahim. Saat ini Afiqa sekolah di TK Islam dekat rumah dan masih duduk di kelas TK B. Afiqa sendiri punya nama panggilan di sekolah yaitu Nina (dari Amanina), panggilan di rumah Fiqa (dari Afiqah), sedangkan ayah, mama dan adiknya memanggil Afiqa dengan sebutan Kakak.

Saat ditanya bagaimana awal mula Afiqa bisa sampai seperti sekarang ini, Idwan, sang paman bercerita bahwa dari kecil Afiqa memang sudah diminta casting model majalah anak-anak. Pas casting memang nggak pernah lolos. Sebenarnya Afiqa sukanya nari, juga balet.

Sampai akhirnya, karena ikut pentas dia harus tampil di depan banyak orang, waktu itu tampil di TIM, dan yang nonton banyak, dari situ dia mulai berani. Jadi pas casting dia lulus. Dilanjutkan ketika dia jadi model iklan produk susu, Bebelac. Tapi dia sebagai talent-nya. Pas casting Oreo dia baru mulai banyak dikenal orang seperti sekarang.

Selain aktifitas sekolah, dan syuting, Afiqa suka dengan menari ballet, les membaca, renang. Teman-temannya Afiqa di sekolah gimana? Kalau di sekolah teman-temannya biasa saja ya, teman-teman rumahnya juga biasa, rumahnya dekat dengan saudara dan sepupunya saja, dia juga nggak merasa artis, dan masih sering ngojek. Walaupun sekarang ini, Afiqa sudah ada yang menjaga sekaligus mengantar ke sekolahnya.

Afiqa mau jadi pemadam kebakaran!

Ngomong-ngomong soal cita-cita, Afiqa punya cita-cita yang unik. Kata sang paman, Idwan, bukan jadi dokter, arsitek atau pilot! Lalu, apa, dong? Afiqa mau jadi pemadam kebakaran, karena awalnya senang dengan main-main air. “Kalau jadi pemadam kebakaran katanya bisa menolong orang, bisa main air, naik-naik terus manjat dinding, asyik,” cerita sang paman.

Bahkan, ketika ditanya apakah Afiqa mau jadi artis, sang paman menjawab, “kadang Afiqa pengen jadi putri duyung. Tapi kemaren pengen jadi pemadam kebakaran. Kemarin lagi pengen jadi penjaga pom bensin dan polisi”. Hoo, ternyata diam-diam Afika ini pemberani, ya! Tapi sekarang jika ditanya sama wartawan atau yang lainnya akan jawab mau jadi dokter.

Afiqa Pecinta Angry Bird

Afiqa suka sekali bermain Angry Birds. Segala pernak pernik Angry Birds, mulai dari pulpen sampai boneka, semuanya Afiqa punya. “Ada yang dapat dari penggemarnya, ada juga yang dibelikan ibunya. Bahkan, Afiqa kalau liat ada orang main game Angry bird di hape atau di iPad pasti langsung pengen nimbrung dan ikutan main," cerita sang paman yang ikut menemani Afiqa untuk wawancara maupun syuting. Nah, seru juga kan, kalau main Angry Bird bareng Afiqa, hehehe. Siapa yang mau main Angry Bird lawan Afika?

Sang paman, Idwan Rizal Ibrahim juga bercerita, suatu hari Afiqa pernah pulang sekolah dengan wajah cemberut. “Dia cerita, ada teman sekelasnya yang enggak mau berteman sama dia. Afiqa sedih tidak bisa berteman dengan banyak orang,” tutur Idwan. Meski hanya berkenalan dan bertemu sebentar, kalau besoknya bertemu lagi, pasti Afiqa akan menyapa.

Selain supel dan mudah untuk berteman, Afiqa juga punya jiwa sosial tinggi, kepedulian dan kemandirian. Dalam satu kegiatan di sekolah ataupun di rumah, terkadang jika Afiqa punya sesuatu yang dapat dibagikan kepada teman di sekolah dan rumah, pasti Afiqah akan memberinya.

Apakah itu pensil, mainan, makanan, buku, dan lainnya. Selama Afiqah senang berada di pentas hiburan, maka orangtua nya akan mengikutinya. “Tapi, pendidikan atau sekolah tetap nomor satu. Makanya orangtua Afiqa telah mendaftarkan masuk sekolah SD Islam untuk tahun ajaran nanti dan sudah lulus tes,” ungkap sang paman.

Afiqa juga suka menabung

Lalu saat ditanya apakah sehari-hari afiqa suka menabung di rumah, sang paman menjawab, “Ada, dia punya celengan berbentuk Angry Bird”. “Dia punya satu celengan Angry Bird yang besar. Nabungnya, jika Afiqa mendapat uang dari om dan tante nya, baru dimasukin tabungan. Karena Afiqa tidak suka jajan dan memang tidak dibiasakan jajan di luar,” ucap sang paman. Isinya juga ya sesuai yang dikasih sama orang. Ada uang seribuan, lima ribuan, sepulu ribuan, dan lima puluh ribuan.

Dan ternyata Afiqa juga suka dengan Tabung Peduli (celengan) yang diberikan tim newsletter anak PKPU, walaupun pertama kalinya hanya sempat dilihat-lihat sekilas oleh Afiqa. Saat diminta foto dengan memegang Tabung Peduli PKPU, Afiqa dengan malu-malu berpose. Jepret.. jepret.. jpret, jadi deh Afiqa difoto oleh Tim Newsletter Anak PKPU.

* Nama Lengkap : Amanina Afiqah Ibrahim
* Tanggal Lahir : 6 Januari 2006
* Bintang iklan : Bebelac Star, Oreo Ice Cream Jeru, Sepeda Family
* Jenis Kelamin : Perempuan
* Nama Ibu : Dina Walintukan
* Nama Ayah : Erwin Andri Ibrahim
* Adik : Danish Xavier Ibrahim
* Kesukaan Pribadi: Nyanyi, menari, main musik, akting

0 komentar:

Posting Komentar