Kamis, 08 Agustus 2013

Pulang Kampung Nih

Meminjam istilah Presiden Barack Obama ‘Pulang Kampung Nih’ atau mudik. Ya, saya bersama keluarga pulang kampung ke rumah keluarga besar dari istri.

Tradisi mudik menjadi kegiatan yang dilakukan ketika libur Lebaran oleh warga Jakarta perantauan.

Saya dan keluarga termasuk yang memanfaatkan waktu liburan Idul Fitri 1434 H ini untuk pergi mudik ke Desa Jatimulyo, Kuwarasan, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, tempat kampung istri.

Tahun ini saya pulang kampung ke Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Saya dan keluarga pergi mudik Kamis sore pas Lebaran hari pertama, Kamis 8 Agustus 2013.

Untuk tahun lalu, saya sekeluarga berlebaran di Sukabumi, Jawa Barat, tempat keluarga besar saya tinggal. Biasanya, saat idul fitri, saya dan keluarga lebaran dulu di Jakarta.

Selama empat hari saya dan keluarga berada di Gombong untuk berkumpul bersama keluarga besar dari istri.

Lebaran idul fitri tahun ini saya jadikan waktu istrirahat sejenak dari rutinitas sekaligus berkumpul bersama keluarga besar di kampung.

Senang rasanya bisa bertemu dengan keluarga istri mulai dari bapak dan ibu mertua, mbah, saudara, dan keluarga besar istri. Saling bermaaf-maafan, sekaligus berlepas kangen.

Saya dan keluarga sendiri tidak punya ritual khusus untuk lebaran. Ketika lebaran, serundeng dan rendang menjadi salah satu makanan favorit saya dan keluarga. Tiba di Gombong, Jumat dinihari 9 Agustus 2013 pukul 04:35 WIB dan bertemu keluarga besar istri sekaligus maaf-maafan.

0 komentar:

Posting Komentar