Minggu, 18 Agustus 2013

Membaca Al Quran Dengan Teratur

Membaca Al Quran setiap hari selayaknya menjadi kebiasaan kita dan sangatlah dianjurkan agar kita khatam Al Quran dalam waktu tidak lebih dari satu bulan dan tak kurang dari tiga hari. Diriwayatkan bahwa Abdullah bin Umar biasa melakukan puasa, sementara setiap malam membaca keseluruhan Al Quran.

Ketika hal ini disampaikan kepada Rasul, beliau memanggil Abdullah. Rasulullah berkata, "Aku memperoleh informasi bahwa engkau biasa melakukan puasa dan menyelesaikan membaca keseluruhan Al Quran dalam semalam". Dijawab oleh Abdullah, "Betul ya Rasulullah SAW, niat saya hanyalah ingin mendapat kebaikan." Rasul bersabda, "Seharusnya telah cukuplah bagimu untuk berpuasa selama tiga hari dalam sebulan."

Abdullah berkata, "Ya Rasulullah, saya kuat untuk berpuasa lebih dari 3 hari dalam sebulan." Rasul bersabda, "Dengarlah, isterimu punya hak atas kamu dan tubuhmu punya hak pula atas kamu; karena itu, berpuasalah seperti nabi Allah, Daud. Dia adalah abdi yang terbaik di antara manusia."

Abdullah berkata lagi, "Ya Rasulullah, bagaimanakah cara nabi Daud berpuasa?" Dijawab oleh Rasul, "Beliau biasa berpuasa satu hari dan hari berikutnya tidak berpuasa. Dan kamu juga boleh menyelesaikan membaca seluruh Al Quran dalam satu bulan". Abdullah berkata, "Ya Rasulullah, saya lebih kuat dari itu".

Beliau bersabda, "Selesaikanlah dalam 20 hari". Abdullah bin Umar berkata, "Ya Rasulullah, saya lebih kuat dari itu". Dijawab oleh Rasul, "Selesaikanlah dalam 10 hari". Abdullah bin Umar berkata, "Saya lebih kuat dari itu".

Rasul menjawab bahwa dia seharusnya menyelesaikannya setiap 7 hari dan jangan khatam kurang dari itu, karena "isterimu memiliki hak atas kamu, tamu memiliki hak atas kamu, dan juga ada hak-hak tubuhmu".

Abdullah bin Umar berkata, "Saya ingin kekerasan jadi saya memperoleh perintah-perintah keras, dan Rasul bersabda, 'Kamu tidak tahu, barangkali kamu akan hidup lama'. Apa yang dikatakan oleh Rasul benar adanya. Ketika saya menjadi tua, saya menghendaki bahwa dulu saya melakukan sesuatu atas izin Rasul" (HR Bukhari dan Muslim)

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Amar bin Aas: "Rasulullah SAW bersabda, 'barangsiapa yang menyelesaikan membaca Al Quran dalam waktu kurang dari tiga hari maka dia tidak akan dapat memahaminya'. Yang dimaksud dengan tidak memahami Al Quran di sini adalah bahwa dia tidak akan dapat memahami dasar-dasar makna maupun realitasnya.

Perihal pahala (thawab) untuk membaca Al Quran, bila dia mampu khatam dalam satu hari dia tidak akan kehilangan pahala tersebut, namun pahala untuk merenungkan serta memikirkan (tadabbur) Al Quran tidak akan diberikan kepadanya.

Pentingnya membaca Al Quran setiap hari adalah karena hati kita membutuhkan makanan dan perawatan; dan hanya dalam Al Quran sajalah kedua hal ini telah disediakan: "Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari TuhanMu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS Yunus: 57)

Seseorang yang tidak membaca Al Quran setiap harinya, akan diserang penyakit tanpa disadari. Lentera iman di dalam dadanya semakin mengecil dan dia tidak begitu memperdulikan masalah ini. Karena itu, untuk menciptakan hangatnya keimanan di dalam dada kita, membaca Al Quran setiap hari sangat perlu: "…dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayatNya, bertambahlah iman mereka (karenanya)..." (QS Al Anfaal: 2)

Namun, bila karena satu dan lain hal kita tak dapat membaca Al Quran setiap hari maka sediakanlah beberapa hari dalam satu bulan dimana kita dapat menyelesaikan membaca sebagian dari Al Quran. Semoga keberkahan selalu menuai dalam hati kita. Amin

0 komentar:

Posting Komentar