Jumat, 26 Juli 2013

Rasa Tanggung Jawab Sosial

Ibadah Ramadhan telah mendidik kita merasakan betapa tidak enaknya lapar dan haus. Disamping itu kita juga diminta untuk menunaikan kewajiban zakat fitrah, bahkan diselingi dengan infak dan sedekah. Namun itu semuanya bermuara pada penumbuhan dan pemantapan rasa tanggung jawab sosial.

Karena itu sesudah Ramadhan berakhir, semestinya semakin mantap rasa tanggung jawab sosial dan iman kita sehingga punya perhatian lebih terhadap kaum muslimin yang mengalami kesulitan hidup secara ekonomi.

Wujud perhatian itu adalah dengan berusaha mengetahui kondisi kehidupan saudara-saudara kita sesama muslim. selanjutnya, memikirkan apa yang harus kita lakukan dalam rangka membantu mereka untuk meningkatkan martabat dan kualitas kehidupan mereka. Ini semua harus kita lakukan karena tentu saja kita tidak ingin hanya karena persoalan ekonomi mereka berubah menjadi kufur.

Dengan demikian, ibadah Ramadhan yang hampir kita akhiri, tentu saja harus meninggalkan bekas yang mendalam sehingga ketakwaan kita kepada Allah SWT semakin mantap yang berarti apapun yang kita hendak lakukan selalu berpijak pada nilai-nilai luhur yang terdapat dalam Islam yang agung. Wallahua’lam.

>> follow twitter @CepPangeran

0 komentar:

Posting Komentar