Senin, 01 Juli 2013

Mungkin Karena Kita Belum Siap Bertemu Ramadhan

Ramadhan adalah bulannya bulan. Bulan yang mulia, bulan yang suci, dimana kita bisa berlomba-lomba mendapatkan kebaikan di dalamnya, yaitu amal ibadah, mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Dan ketika ibadah Ramadhan tahun lalu kita akhiri, maka salah satu harapan yang ada di dalam jiwa kita adalah keinginan untuk bisa menjumpai dan menikmati lagi dengan bulan Ramadhan pada tahun berikutnya.

Alhamdulillah, harapan itu telah terpenuhi pada hari ini, karena itu kita berharap semoga Allah SWT benar-benar menyampaikan usia kita hingga akhir Ramadhan ini, bahkan pada Ramadhan tahun-tahun yang akan datang.

Karenanya, kehadiran bulan Ramadhan tahun ini insya Allah tidak akan kita sia-siakan begitu saja. Kita tidak perlu malu atau belum siap bertemu Ramadhan. Sebagai orang yang gembira atas datangnya kembali bulan Ramadhan, maka target yang ingin kita capai adalah mendapatkan nilai-nilai keistimewaan dari bulan Ramadhan itu sendiri.

Ada banyak pahala yang Allah SWT turunkan di dalam bulan Ramadhan, salah satunya adalah Alquran. Alquran pertama kali diturunkan pada bulan Ramadhan. Selain itu, pintu syurga yang kita ingin sekali bisa masuk ke dalamnya dengan segala kenikmatannya dibuka pada bulan Ramadhan, sedangkan pintu neraka ditutup.

Di bulan Ramadhan ini, dosa-dosa kita dimasa lalu akan diampuni. Ini merupakan peluang yang sangat besar yang diberikan Allah SWT dan kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan itu.

Karena rahasia puasa merupakan sesuatu yang amat penting bagi kita semua, maka sudah sepantasnyalah jika kita harus bergembira menyambut datangnya bulan Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang dengan penuh rasa gembira, sehingga kegembiraan kita ini akan membuat kita bisa melaksanakan ibadah Ramadhan dengan perasaan yang ringan walaupun sebenarnya ibadah Ramadhan itu berat.

Kita tidak perlu malu apalagi bersedih hati dengan kedatangan Ramadhan ini. Karenanya, kita harus tunjukkan kegembiraan kita dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Kegembiraan kita terhadap datangnya bulan Ramadhan harus kita tunjukkan dengan berupaya semaksimal mungkin memanfaatkan momentum setahun sekali itu sebagai momentum untuk mendidik atau mentarbiyah diri, keluarga dan masyarakat kearah pengokohan, pemantapan takwa kepada Allah SWT.

Ini adalah sesuatu yang sangat kita perlukan bagi upaya meraih keberkahan dan kebaikan bulan Ramadhan. Sekali lagi, janganlah kita sia-siakan kesempatan sekali dalam setahun ini.

Mari eratkan tali silaturahmi, perbaiki hubungan yang renggang dengan saudara-saudara kita, dan jangan memutuskan tali persaudaraan dengan seseorang di bulan yang suci ini.

Allah SWT mengambil hidayah seseorang secara berturut-turut, pastikan diri kita mendapatkan hidayah sepenuhya dan tidak kehilangan sedikitpun.

Marilah kita sambut bulan yang penuh hikmah ini dengan semangat baru. Siapkan jiwa, fisik, ruhiyah, dan harta kita agar Ramadhan kali ini berkesan dalam hidup kita. Insya Allah.

>> follow twitter @CepPangeran

0 komentar:

Posting Komentar