Minggu, 05 Juni 2011

Situ patenggang, danau penyejuk mata

Jika kita melakukan perjalanan kearah selatan dari kota Bandung, maka kita akan melewati dua obyek wisata yang terkenal di daerah sana, Kawah Putih (Ciwidey) dan Situ Patenggang.

Saya bersama keluarga berkesempatan mengunjungi Situ Patenggang. Danau Patenggang atau yang juga dikenal dengan nama Situ Patenggang (atau sering juga disebut Situ Patengan).

Situ yang berarti danau dalam Bahasa Sunda ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1600 meter dari permukaan laut dan berada di kaki Gunung Patuha. Karena posisinya yang tinggi, maka kita akan merasakan udara yang dingin dan segar saat mengunjungi danau ini.

Lokasinya kira-kira sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bandung, Jawa Barat. Tepatnya di bagian selatan kota Bandung di Ciwidey. Untuk mengunjungi tempat ini, kita bisa keluar dari pintu tol Kopo atau Buah Batu lalu menuju ke arah selatan Bandung.

Beberapa petunjuk jalan menuju Situ Patenggang bisa diikuti untuk menuju tempat ini, dan terlebih dahulu melewati jalan kearah Ciwidey atau Kawah Putih lalu melewati hamparan jalan yang berkelok-kelok

Perjalanan menuju Situ Patenggang, maka akan terlihat nuansa pemandangan hijau alami yang menyejukkan mata. Pohon-pohon rindang dan hamparan kebun teh di pinggir jalan dengan daunnya yang rapat membuat warna hijau menjadi semakin dominan di sepanjang jalan menuju danau.

Jalanan berkelok harus dilalui untuk mencapai tujuan. Namun itu akan terasa menyegarkan karena nuansa pegunungan yang hijau dan udara bersih khas pegunungan akan menyertai perjalanan Anda. Selain itu, perkebunan strawberry yang ada di sepanjang perjalanan dapat pula menambah daya tarik daerah wisata ini.

Setibanya di Situ Patenggang yang berada di balik hamparan kebun teh, danau luas dan berair tenang akan menyambut kedatangan kita. Pegunungan menjulang mengelilingi Situ Patengan. Di tepi danau, perahu-perahu dengan warna-warna yang terang siap mengantarkan Anda dan keluarga menjelajahi lebih jauh danau ini.

Pemandangan yang asri membuat anda dapat bentah walaupun hanya sekedar duduk-duduk menikmati ketenangan air danau di tempat-tempat yang telah disediakan.

Dengan menyewa perahu, kita juga dapat mengunjungi sebuah pulau yang ada di tengah danau ini. Pulau yang tidak terlalu besar ini ditumbuhi pohon-pohon dengan daun yang rindang, jadi Anda dapat beristirahat atau tidur sejenak di pulau yang tenang ini.

Situ Patenggang memang sebuah danau yang menarik untuk dikunjungi. Kita bisa mendapat berbagai cerita menarik setelah mengunjungi danau ini. Keindahan dan kesejukan alamnya, membuat kita akan kembali segar. - @CepPangeran



0 komentar:

Posting Komentar