Minggu, 19 April 2009

Template Modif Magazine R1-2 Kang Rohman

Sebenarnya saya bukan ahli dalam hal modif atau edit template, hanya bantuan dari Kolom Tutorialnya kang Rohman saja yang saya jadikan panduan. Terus terang basic saya bukan orang IT atau computer sangat pusing liat kode-kode HTML yang bikin pusing kepala (menurut saya sih) . Cuma ya belajar aja otak-atik sendiri karena kita gak akan pernah tahu dan gak akan pernah bisa kalo gak pernah berani nyoba dan terus belajar. Yaa.. Motivasi lagi nih

Awalnya sih sempet pusing juga gimana cara merubah template magazineR1-2 dari Kang Rohman yang menurut saya sangat interaktif agar kolomnya postingannya agak lebar aja, terus ditambah satu lagi sidebar diatasnya. Dua hari ngubek-ngubek blognya kang Rohman, gak sempet menyapa teman-teman yang rajin nongkrong disana. Niat awalnya hanya ingin mengganti template lama saja biar suasana baru. Biasanya dengan template baru semangat juga baru.

Berhubung ada beberapa permintaan dari teman-teman dengan template seperti punya saya ini, maka saya coba share ke teman-teman yang mau magazine R1-2 yang sudah di modif seperti blog ini silahkan bisa coba klik Di Sini untuk melihat kode-nya. Teman-teman bisa copy terus simpan aja di notepad.

Untuk langkah selanjutnya Login ke blogger trus pilih menu "Layout --> Edit HTML". Disarankan untuk membackup template dan isi element halaman terlebih dahulu. Agar semua fasilitas berfungsi dengan baik, sebaiknya dilakukan secara manual (tanpa di upload) dengan melakukan copy-paste kode melalui halaman Edit HTML. (jangan lupa beri tanda centang pada Expand Template Widget).

Coba aja dulu di blognya teman-teman, lebih bagus sih punya blog sendiri khusus buat buat belajar. Nanti bisa dilihat kalau ada kekurangan masih di betulin lagi tanpa mengganggu blog yang udah ada. kalau dirasakan sudah cukup baik hasilnya, bisa di tampilin deh.. jangan lupa kasih commentnya ya.

Sedikit gambaran aja tentang perubahan template Magazine R1-2 ini, saya cuma merubah lebar main wrapper, header, footer jadi 1040px terus menyesuaikan lebar kolom-kolom di dalamya, menambah satu lagi sidebar baru atasnya dan menampilkan middle kolom di halaman keduanya. Kalau di Magazine yang belum di modif, midlle kolom nya gak muncul karena kolom posting berubah jadi lebar dan sengaja di buat tidak muncul. Yang muncul kolom posting sama sidebar aja.

Nah di template modif ini, karena akibat dari penambahan sidebar baru diatas yang besar maka di halaman keduanya midlle kolom jadi hilang dan keliatan ada space yang kosong jadi kurang enak di lihat, jadi saya tampilin aja.

Udah ya biar gak kepanjangan, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih buat master “guru” Kang Rohman yang udah rela bagi-bagi ilmunya, Terus terang dari blog anda saya belajar dan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat sekali, semoga kebaikan anda di balas oleh Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar