Minggu, 30 Desember 2012

Kembalikan semua urusan kepada sang Pencipta

Di dalam hidup ini, setiap muslim terkadang menghadapi ujian, cobaan dan bencana. Karena itu, ketika kita diberikan ujian, hendaknya ia bersabar dan hanya mengharapkan pahala dari Allah SWT atas musibahnya.

Jika demikian, tentu saja Allah SWT tidak akan menyia-nyiakan sesuatu apapun untuknya, bahkan Allah SWT tidak akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik dari apa yang akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik setelah ia hilang darinya.

Imam Muslim meriwayatkan dari Ummu Salamah ra, bahwasanya ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang muslim yang tertimpa suatu musibah, lalu ia mengatakan apa yang diperintahkan Allah. Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepadaNYa. Ya Allah, berilah aku pahala karena musibah ini, dan gantikanlah untukku sesuatu yang lebih baik darinya, kecuali Allah akan memberinya ganti yang lebih baik."

Ummu Salamah berkata, 'Ketika Abu Salamah meninggal dunia, aku berkata, 'Siapakah orang Islam yang lebih baik dari Abu Salamah?, (penghuni) rumah yang pertama kali hijrah kepada Rasulullah SAW? Lalu aku mengatakan ucapan di atas, kemudian Allah menggantikan untukku Rasulullah SAW sebagai suami."

Ketahuilah! Sesungguhnya barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik daripadanya. Siapa yang meninggalkan dari menampar pipi sendiri, mengoyak-oyak pakaian dan berteriak-teriak meretap serta kemungkaran yang sejenisnya, kemudian ia memohon pahala di sisi Allah atas musibahnya serta mengembalikan semuanya kepada Allah, niscaya Allah akan menggantinya dan sungguh Allah adalah sebaik-baik pemberi ganti.


0 komentar:

Posting Komentar