Jumat, 04 September 2009

Sukses Dimulai Dengan Keharusan

Saya yakin hampir semua orang memiliki tujuan untuk mempunyai uang yang banyak. Namun, walau mereka semua menginginkan itu, mengapa mereka belum juga mendapatkanya? Jawaban yang sederhana adalah karena apa yang mereka inginkan bukan merupakan sesuatu “keharusan” (MUST), melainkan hanya sebuah keinginan (WISH). Sang Juara sangat mengerti bahwa jika ia menginginkan sesuatu, hal tersebut harus dilakukan dengan cara berpikir HARUS (MUST). Dengan cara berpikir seperti ini, ia tidak mempunyai pilihan lain selain mencapai apa yang diinginkannya. Dengan dorongan KEHARUSAN, pikiran akan menggunakan cara berpikir yang berbeda untuk mencapainya. Dengan cara berpikir HARUS, ia akan mencari segala macam cara untuk mengambil apapun tindakan untuk mencapainya. Seringkali KEHARUSAN inilah yang dapat membangkitkan “raksasa” yang besar dalam diri kita. Mulailah saat ini juga untuk serius terhadap apa yang menjadi cita-cita Anda, pastikan bahwa Anda HARUS mencapainya tidak ada pilihan yang lain.

Ketika kita ingin menyelesaikan suatu pekerjaan, kadang-kadang ada saja rintangan atau hambatan yang seringkali mengganggu tahap penyelesaian suatu pekerjaan. Sebagai contoh, setelah beberapa bulan ngeblog, pada bulan maret 2009 saya lihat kok postingan saya hanya 4 artikel / bulan sangat sedikit sekali hingga saya membuat suatu deadline sendiri dimana Saya ingin sekali rutin minimal 2 kali dalam seminggu HARUS posting diblog ini, tapi kadang situasi tak mendukung karena suatu hal, pernah mengalami kerusakan akibat komputer tidak dapat mengakses windows, atau akibat virus yang mengakibatkan data hilang hingga harus di install ulang, pekerjaan offline yang juga turut menyita waktu, dan lain sebagainya sehingga saya merassa bahwa posting yang rencananya harus dilakukan minimal 2 kali seminggu tidak akan bisa terwujud.

Namun setelah saya pikir bahwa semuanya merupakan suatu KEHARUSAN dengan memberikan sedikit suntikan Motivasi pada diri bahwa bahwa jika saya tidak melakukan ini, maka blog ini tidak kaya akan konten sedangkan Google Loves Content. Sungguh akan merasa tidak nyaman jika blog saya miskin konten. Meskipun jika dibandingakan dengan master yang lain sangatlah jauh karena mereka dapat memposting setidaknya 1 artikel perhari bahkan ada yang sampai 5 artikle perhari tetapi setidaknya target ini yang harus saya capai mengingat masih membagi waktu dengan pekerjaan Offline. Komitmen saya untuk menantang diri saya sendiri membuat saya setiap hari memikirkan dan mengambil tindakan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan ini. Akhirnya dengan komitmen semacam itu, saya bisa posting minimal seminggu 2 kali dan sebulan berarti 8 kali posting tidak boleh kurang, hasilnya setelah saya evaluasi, target tersebut terpenuhi.

Itu sekedar contoh kecil saja, pada setiap pekerjaan lainpun mungkin tidak akan jauh berbeda dan akan berhasil jika Anda Menerapkan prinsip HARUS. Jika kita serius untuk menyelesaikan sesuatu, berkomitmenlah dan buatlah keputusan yang tidak dapat Anda tarik lagi.


0 komentar:

Posting Komentar